Arsitek : karier multifaset yang membutuhkan berbagai keterampilan.

 

Arsitek adalah karier multifaset yang membutuhkan berbagai keterampilan.

Seseorang yang bekerja di bidang arsitektur atau ilmu bangunan dikenal sebagai seorang arsitek. Sedangkan arsitektur hanya keterampilan mendesain bangunan.

Jadi, berdasarkan uraian sebelumnya, tugas arsitek adalah merencanakan dan mendesain suatu bangunan, khususnya dari segi fungsi, estetika, bahkan budaya.



Pembangunan gedung juga diawasi oleh seorang arsitek. Luasnya melampaui bangunan dan bagian dalam. Pekerjaan seorang arsitek mencakup masalah yang lebih luas, seperti sejauh mana kompleks bangunan, kota, dan bahkan wilayah (wilayah).

Saat mengerjakan proyek yang lebih besar, seorang arsitek tidak lagi hanya memberikan tugas dan memantau konstruksi sesuai dengan kesepakatan klien. Namun, ia juga menjabat sebagai direktur yang mengawasi pekerjaan kontraktor.

Ini menyiratkan bahwa jika arsitek melihat adanya ketidaknormalan, dia memiliki kewenangan untuk menghentikan atau meminta perbaikan atau pengerjaan ulang pada proyek konstruksi.

Seorang arsitek tidak hanya harus memiliki pengetahuan tentang arsitektur dan masalah teknis, tetapi dia juga harus terampil dalam ilmu manajemen dan bisnis (seperti komputasi dan perencanaan anggaran), serta komunikasi dengan berbagai pihak.

Jadi, ringkasnya, orang-orang dengan profesi arsitektur memiliki kewajiban dan tanggung jawab sebagai berikut:

        Membuat Desain Bangunan Yang Luas

        Berkolaborasi dengan spesialis konstruksi untuk mengembangkan desain, menilai kelayakan, mempertimbangkan efek lingkungan, dan menetapkan anggaran untuk proyek tersebut.

        Membuat dan mempresentasikan desain, laporan, dan proposal kepada pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.

        Memilih bahan bangunan yang akan digunakan.

        Memastikan bahwa proyek beroperasi dengan lancar dan sesuai anggaran, termasuk dapat beradaptasi dalam menghadapi situasi atau masalah yang tidak terduga yang terjadi selama proses pembangunan.

Bagaimana dengan menyewa konsultan arsitektur? Apakah profesi ini terlibat sepanjang tahap pengembangan?

Arsitek, termasuk konsultan arsitektur, merupakan salah satu profesi desain bangunan yang menciptakan barang berwujud berupa bangunan.

Lebih dalam lagi, konsultan arsitektur adalah seseorang yang memberikan nasihat tentang desain bangunan. Memberikan solusi desain berupa gambar dua dimensi atau tiga dimensi, misalnya.

Seorang konsultan harus bisa menjelaskan secara lengkap segala sesuatu mulai dari mengapa desain dipilih, kelebihan atau kekurangannya, bagaimana cara mencapai desain, termasuk anggaran, bahaya desain dan lain-lain.

Rencana bangunan, termasuk pelaksanaan konstruksi, juga harus disiapkan oleh konsultan arsitektur. Seperti yang dikatakan sebelumnya, profesi arsitektur adalah karier yang menghasilkan barang mulai dari interior, struktur, kompleks bangunan, hingga ukuran kota.

Akibatnya, beberapa arsitek hanya mengkhususkan diri pada beberapa bidang. Beberapa perusahaan, misalnya, mengkhususkan diri dalam menyediakan rumah atau kompleks tempat tinggal, sementara yang lain berkonsentrasi pada apartemen atau bangunan bertingkat tinggi lainnya seperti bisnis dan hotel.

Ada yang lain yang berkonsentrasi pada struktur sejarah, desain perkotaan, dan inisiatif rehabilitasi bangunan.

Profesi arsitektur secara luas diklasifikasikan ke dalam berbagai bidang:

Arsitek Industri

Arsitek Adalah


Beberapa aspek arsitektural sektor industri adalah:

  •         Contoh bangunan antara lain pabrik, jembatan, bandara, dan lain sebagainya.
  •         Ini membutuhkan seorang arsitek yang berpengalaman dalam desain struktural.
  •         Dalam skenario ini, seorang arsitek harus dapat membuat rencana desain dengan mengacu pada struktur bangunan dengan tetap memperhatikan ukuran, jumlah ruang, dan batasan lainnya.

Karakteristik ini juga dapat berubah sebagai akibat dari pengalaman kerja.

Arsitek Desain Komersial

profesi Arsitek


Mal, gedung perkantoran, hotel, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya adalah contoh arsitek desain komersial. Karena ini adalah pekerjaan yang besar, arsitek harus membuat desain yang sangat teliti dan sistematis. Arsitek di sektor ini biasanya menghabiskan waktu berjam-jam baik di lapangan maupun di kantor. Tanggung jawabnya termasuk menjadwalkan pertemuan dengan pengambil keputusan. Karena besarnya proyek ini, kemungkinan ada lebih dari satu arsitek yang terlibat.

Arsitek desain hunian



        Rumah, perumahan, kompleks apartemen, vila, bungalow, dan bangunan lainnya adalah contoh arsitek desain hunian.

        Dibutuhkan daya cipta yang tinggi untuk memenuhi harapan klien yang memiliki estetika dan hunian yang khas.

        Selain memenuhi preferensi klien akan nilai estetika, arsitek di sini juga harus fokus pada desain bangunan dan pencapaian standar yang dibutuhkan.

 

Arsitek Desain Lansekap

 


        Produk mencakup ruang di luar bangunan seperti taman dan kebun.

        Selain bekerja dengan kontraktor lanskap, arsitek di sini bekerja dengan otoritas perencanaan kota untuk memastikan bahwa rencana pengembangan kota dipatuhi.

        Perhatian utama arsitek adalah pada struktur, kepraktisan, dan pengaruh lingkungan, serta keindahan dan tujuan.

Arsitek untuk Desain Bangunan Hijau



Bangunan ini dirancang dengan strategi bangunan ramah lingkungan atau ramah lingkungan.

Menggunakan bahan dan fitur yang ramah lingkungan, serta menghindari desain yang berbahaya bagi lingkungan.

Selalu pertimbangkan keserasian dengan alam atau lingkungan saat mendesain struktur seperti gedung perkantoran, kompleks perumahan, dan lain-lain.

Selain kekhususan jenis bangunan tersebut di atas, ada pula arsitektur yang mengkhususkan pada gaya desain seperti minimalis, klasik, dan lain sebagainya.

 

sertifikat keahlian Arsitek


Ternyata seorang arsitek harus memiliki berbagai macam kemampuan dan kemampuan. Secara alami, seorang arsitek harus memenuhi berbagai kualifikasi untuk menjadi seorang profesional.

 

Itu adalah Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) yang salah satu tanggung jawabnya adalah menerbitkan Sertifikat Keahlian Arsitek (SKA). SKA Arsitek adalah izin arsitek yang diberikan berdasarkan persyaratan tertentu dan menjadi standar dalam menentukan kompetensi arsitek, seperti:

Kemampuan untuk membuat desain arsitektur yang memenuhi kriteria estetika dan teknis. Diperlukan pengetahuan tentang sejarah dan filosofi arsitektur, serta seni dan teknologi. Pemahaman tentang interaksi antara manusia, bangunan, dan lingkungan.

Arsitek : karier multifaset yang membutuhkan berbagai keterampilan. Arsitek : karier multifaset yang membutuhkan berbagai keterampilan. Reviewed by satu kata on May 22, 2021 Rating: 5

No comments